Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi pasti semua orang tahu apa itu sistem operasi tetapi sebagian orang tidak tahu fungsi lain sistem operasi, pada umumnya yang orang tahu fungsi sistem operasi hanya untuk mempermudah kegiatan pengguna dalam mengakses komputer / laptop. Nah dalam artikel ini saya akan share fungsi lain sistem operasi pada komputer secara lengkap dan singkat tentunya, langsung saja yuk mari kita simak artikelnya.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi merupakan program perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan juga mengontrolnya, selain itu juga menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak serta serta menjalan program - program operasi dasar sistem untuk mempermudah kegiatan pengguna (manusia). Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi Komputer memiliki 8 fungsi lain sebagai berikut :
  1. Sistem Manager Resource, Untuk mengoperasikan bergaya
  2. Interface, Sebagai perantara antara pengguna dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat (user friendly)
  3. Kordinator, Menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
  4. Guardian, Untuk menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembaca / penulis atau eksekusi data dan program.
  5. Gate Keeper, Untuk mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log ke dalam sistem
  6. Optimizer, Untuk menjadwal memasukan (input) oleh pengguna, pengakses basis data, proses komputasi dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaaan.
  7. Accountant, Sebagai pengatur CPU, pengguna memori, panggilan, I/O, disk trough, dan waktu koneksi terminal.
  8. Server, Untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, eksplisit maupun inplisit, seperti mekanisme akses file.